Friday, August 21, 2009

Hasil Survey Gaji Project Manager

Berawal dari sebuah tawaran pekerjaan, saya melakukan survey dadakan untuk mengetahui berapakah gaji yang pantas untuk seorang Project Manager. Dari hasil survey ini saya mendapatkan bahwa rata-rata gaji Project Manager adalah US$ 82,623.68 pertahun. Menurut saya angka ini cukup bisa diterima sebagai rata-rata gaji Project Manager di negara maju, karena memang data-datanya diambil dari 3 negara yaitu Amerika Serikat, Inggris, dan Australia. Di Kanada tempat saya saat ini bekerja menurut saya angka ini juga cukup mewakili sebagai perkiraan kasar. Kira-kira di Indonesia dan Asia bagaimana ya?

Namanya juga survey dadakan, jadi metode yang dipakai dalam survey ini mungkin kurang ilmiah. Survey saya lakukan dengan cara mencari hasil survey yang dilakukan oleh surveyor lain melalui google. Dari hasil pencarian ini saya menemukan 10 sites yang menyajikan data hasil survey mereka secara gratis. Validitas data-data ini saya rasa cukup valid setelah membandingkan satu sama lain. Data-data tersebut kemudian saya rata-ratakan untuk mendapatkan nilai rata-rata gaji Project Manager.

Perlu diketahui pada saat saya melakukan pencarian saya menngunakan Google.com tanpa mem-filter berdasarkan negara. Sepuluh data pertama yang saya ambil berasal dari 3 negara yaitu Amerika Serikat, Inggris, dan Australia. Berikut ini tabel hasil survey yang saya lakukan.

No comments:

Post a Comment